#9 Membuat , Mengedit dan Menghapus Akun / Accounts

Kamis, 23 Oktober 2014

Akun-akun yang dibuat, di dalam proses akuntansi merupakan hal yang sangat penting. Bahkan penamaan Akun dapat mempermudah kita untuk melakukan proses pencatatan dan juga memudahkan pihak luar dalam membaca /memahami pencatatan tersebut. Jika sampai memberikan nama akun yang sulit dimengerti, resiko salah pencatatan bisa terjadi.

Pada halaman ini, saya akan membantu Anda, dalam “Membuat, Mengedit dan Menghapus Akun pada MYOB”. Setiap perusahaan yang baru pertama kali memakai MYOB. Pembuatan Akun menjadi hal yang sangat wajib [Ya iyalah, kalau nggak gimana mau nyatetnya.. Lho..? hhee :D] . Sebelum kita membuat Akun, sebaiknya kita menyiapkan terlebih dahulu Daftar Akun-Akun apa saja yang ingin kita buat, agar proses penginputan lebih cepat.

-MEMBUAT AKUN-

Langkah pertama yang harus dilakukan,

Pada halaman Command Centre,

1. Pilih Accounts

2. Pilih Account List

3. Pilih Button New , untuk membuat akun baru.

Contoh : Membuat Akun Bank Muamalat.

Pertama, tentukan terlebih dahulu, apakah Akun ini termasuk Header/Detail. Pilih Detail Account, kemudian pilih TYPE AKUN-nya : Karena ini Akun Bank, pilih tipe Akun BANK.  Lalu tentukan ACCOUNT NUMBER-nya dan ACCOUNT NAME-NYA. Untuk Opening Balance lebih baik diinput melalui pilihan Account Opening Balance.

-MENGEDIT AKUN-

Setelah kita membuat Akun Bank Muamalat, ternyata ada kesalahan dalam memberikan nama Akun, yang seharusnya BANK MUAMALAT, tapi  diketik BANK MUALAMAT. Untuk mengedit/membenarkan kesalahan tersebut, cukup lakukan :

1. Klik Akun yang Salah, Double Kilik atau Klik Tanda Panah pada samping Akun.

Lalu akan tampil layar yang sama pada saat kita membuat Akun baru,

2. Kemudian lakukan perubahan nama yang benar pada ACCOUNT NAME dan Klik OK.

0 komentar:

Posting Komentar